Saturday, June 10, 2017

“BONEKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”

“BONEKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”

Dengan spesial pengertian tentang boneka adalah tiruan bentuk manusia serta bentuk binatang. Jadi sesungguhnya boneka adalah satu diantara jenis perbandingan. Dalam pemakaian boneka digunakan jadi media evaluasi lewat cara dimainkan dalam sandiwara boneka. Mulai sejak th. 1940-an penggunaan boneka ebagai media pendidikan jadi popular serta banyak dipakai di Sekolah Basic serta Sekolah Kelanjutan di Amerika. Di Eropa seni pembuatan boneka sudah begitu tua serta begitu popular dan lebih tinggi tingkat ketrampilannya dibanding di Amerika. Jual Boneka Wisuda

Untuk kepentingan sekolah bisa di buat boneka yang sesuai dengan beberapa narasi zaman saat ini. Untuk setiap daerah pembuatan boneka ini sesuai dengan kondisi daerah semasing.
Peranan boneka yaitu terkecuali jadi media evaluasi, boneka sebagai penghubung alat komunikasi, menangkap daya fikir anak, meningkatkan daya visualnya dan anak bisa berimajinasi dengan sukanya dia belajar.


Beberapa macam Boneka :

A. Boneka jari
Boneka ini di buat dengan alat, sesuai sama namanya boneka ini dimainkan dengan memakai jari tangan. Kepala boneka ditempatkan pada ujung jari kita/dalam.

B. Boneka Tangan
Dimaksud boneka tangan, karna boneka ini cuma terbagi dalam kepala serta dua tangan saja, sedang sisi tubuh serta kakinya cuma adalah pakaian yang bakal tutup lengan orang yang memainkannya.

C. Boneka Tongkat
Untuk kepentingan pemakaian boneka tongkat jadi media pendidikan/evaluasi di sekolah, jadi tokoh-tokohnya di buat sesuai sama kondisi saat ini.

D. Boneka Tali
Boneka tali atau “Marionet” banyak digunakan dinegara barat. Boneka tali sisi kepala, tangan, serta kaki bisa digerak-gerakkan menurut kehendak kita/dalangnya

E. Boneka Bayang-bayang
Boneka bayang-bayang (Sadhow Puppet) yaitu type boneka yang langkah memainkannya dengan mempertontonkan gerak bayang-bayang dari boneka itu. Tetapi untuk kepentingan sekolah, wayang sejenis ini dirasa kurang efisien, karna untuk memainkan boneka ini dibutuhkan ruang gelap/tertutup. lagi juga dibutuhkan lampu untuk buat bayang-bayang monitor.

Keuntungan Pemakaian Boneka :

1) Tidak membutuhkan, banyak tempat, saat yang banyak, cost serta persiapan yang sangat rumit.
2) Tidak menuntut ketrampilan yang rumit untuk yang bakal memainkannya.
3) Bisa meningkatkan imajinasi anak, mempertinggi keaktifan serta menaikkan situasi senang.

Panduan Pemakaian Boneka jadi Media Evaluasi :

Rumusan maksud evaluasi dengan terang, buat naskah sandiwara yang bakal dimainkan dengan terinci, permainan boneka mementingkan gerak daripada kata, permainan boneka janganlah sangat lama, kurang lebih 10 hingga 15 menit, sebaiknya sandiwara diselingi dengan nyanyian, bila butuh pemirsa di ajak bernyanyi berbarengan, isi narasi sebaiknya sesuai sama usia serta kekuatan dan daya imajinasi anak-anak yang melihat, usai permainan sandiwara boneka, sebaiknya diselenggarakan aktivitas kelanjutan seperti tanya-jawab, diskusi atau bercerita kembali mengenai isi narasi yang dihidangkan, bila sangat mungkin, semakin lebih baik lagi bila kita berikan peluang pada anak-anak untuk memainkannya.

No comments:

Post a Comment